header-int

Dekan Fk Unizar Menjadi Wakil Ketua Pengurus Besar Afksi Periode 2017-2019

Minggu, 26 Mar 2017, 20:42:09 WIB - 21 View
Share
Dekan Fk Unizar Menjadi Wakil Ketua Pengurus Besar Afksi Periode 2017-2019

Kegiatan Musyawarah Nasional XIX Asosiasi Fakulatas Kedokteran Swasta Indonesia (MUNAS XIX AFKSI) berlangsung selama 3 hari dari tanggal 10-12 Maret di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur-Denpasar, Bali yang dihadiri oleh 33 Fakultas Kedokteran Swasta seluruh Indonesia. Munas AFKSI XIX kali ini mengangkat tema “The New Emerging Medical Hospital System and Academic Hospital Services in All Indonesia Private Medical Faculty” yang fokus terhadap implementasi konsep academic health services (AHS) dalam pendidikan profesi dokter dan spesialis, posisi UKMPPD sebagai exit exam program pendidikan dokter, dan harapan terhadap Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia (SPPD) & Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) di masa depan dalam menghadapi Indonesia Sehat 2025.

Ketua Yayasan, Rektor, Dekan, dan pejabat terkait di seluruh Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia diundang sebagai peserta dari Munas XIX AFKSI kali ini. Hal ini terkait dengan upaya peningkatan kolaborasi Yayasan, Universitas dan Fakultas Kedokteran Swasta dalam proses menjamin kualitas pendidikan dokter Indonesia. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) sendiri diwakili oleh Dekan, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M. Kes; Wakil Dekan I, dr. Iing, M.Erg; Wakil Dekan III, I Putu Dedy Arjita, S.Pd., M.Kes; Manajer Sumber Daya, dr. Baiq Reski Setiagarini, M.M.R; dan Kepala Assessment, Musyarrafah, S.Si., M.Sc. Turut hadir pula Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, Ir. H. Nanang Samodra Kusuma, M.Sc dan Rektor Universitas Islam Al-Azhar, Ahmad Firdaus Sukmono, SE, SH, MH.

Agenda Munas XIX AFKSI diisi dengan kegiatan workshop mulai dari peran Rektor dan Yayasan dalam pengembangan pendidikan dokter, model RS. Pendidikan, Bank soal untuk uji kompetensi hingga metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Selain itu, kegiatan lainnya adalah sidang organisasi tiap komisi AFKSI untuk membahas issue penting pada pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Swasta dan pemilihan pengurus besar AFKSI untuk periode berikutnya. Dekan FK Unizar terpilih menjadi wakil ketua I Pengurus Besar AFKSI periode 2017-2019 yang akan berkolaborasi bersama dengan ketua PB yang baru, dr. Slamet Sudi Santoso, M.Pd.ked, Dekan FKIK Universitas Muhammadiyah Jakarta. Selamat kepada Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes atas kepercayaan yang diberikan oleh AFKSI. Semoga prestasi keorganisasian beliau ini mampu memberikan gebrakan-gebrakan baru dan membawa perubahan bagi Fakultas Kedokteran Swasta seluruh Indonesia.

Munas XX AFKSI selanjutnya akan dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan pada Tahun 2019.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2018 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube