header-int

FK UNIZAR Adakan Acara Silaturahmi dan Doa Bersama

Selasa, 23 Mei 2017, 13:35:23 WIB - 16 View
Share
FK UNIZAR Adakan Acara Silaturahmi dan Doa Bersama

Fakultas Kedokteran (FK UNIZAR) mengadakan acara silaturahmi dan doa bersama dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 20 Mei 2017 yang bertempat di Ruang Rapat Universitas dan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Acara ini dihadiri oleh Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M. Kes, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, dr. IING, M.Erg, Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, I Putu Dedi Arjita, M. Kes, pejabat struktural, dosen dan karyawan FK UNIZAR.

Momentum ini menjadi ajang untuk saling memaafkan dan mempersiapkan diri menghadapi Bulan Ramadhan. Rangkaian acara ini diisi dengan ceramah singkat dari Bapak Munawir Sazali, S.HI., M.HI yang juga dosen FK UNIZAR. Keutamaan Doa Menyambut Bulan Ramadhan menjadi topik ceramah yang disampaikan kepada sivitas akademika FK UNIZAR.

Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan ada empat keutamaan ketika berdoa kepada Allah SWT untuk menyambut Bulan Ramadhan nantinya yaitu (1) Meminta diberikan hati yang tenang ketika menjalankan ibadah di bulan puasa penuh berkah; (2) Meminta kekuatan iman saat menyambut Ramadhan, karena iman yang kuat berdampak dalam motivasi beribadah di bulan puasa.

Fenomena yang sering terjadi saat menjalankan ibadah puasa, ketika 10 hari pertama intensitas ibadah tinggi sehingga berbagai amalan mampu dilaksanakan secara optimal. Pada 10 hari kedua, dengan beragam aktivitas yang dijalani, semangat beribadah mulai kendur hingga menjelang persiapan Hari Raya di 10 hari ketiga yang biasanya keteteran. Hal ini menjadi penekanan pak Ustadz kepada semua hadirin yang menyimak ceramah singkat tersebut.

“Oleh karena itu, perlu bagi kita sebagai seorang hamba untuk meminta dua hal lainnya yaitu (3) kesehatan dan keselamatan untuk menjalani Ramadhan kali ini, agar ibadah yang dilakukan bisa semaksimal dan sebaik mungkin; dan (4) kekuatan islam dalam menjalankan ibadah di siang dan malam hari” sambung pak Ustadz.

Di penghujung doa, beliau berpesan kepada para hadirin bahwa keempat hal yang dipanjatkan kepada Allah SWT harus dilakukan secara ikhlas, semata-mata karena Allah. Setelah ceramah singkat, agenda silaturahmi dilanjutkan dengan bersalam-salaman antar para sivitas akademika FK UNIZAR dan makan siang bersama.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi para sivitas akademika FK UNIZAR yang merayakannya. Semoga etos kerja selama bulan Ramadhan tetap optimal dan makin produktif. (EM)

 

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2018 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube