header-int

FK Unizar Adakan Workshop Bersama RS.Pendidikan

Kamis, 08 Agu 2019, 11:25:52 WIB - 59 View
Share
FK Unizar Adakan Workshop Bersama RS.Pendidikan

Setelah melakukan pertemuan dengan para direktur Rumah Sakit Pendidikan (RS.Pendidikan) dan Rumah Sakit Jejaring Strategis (RS.Jejaring Strategis) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK Unizar) pada Januari 2019 yang lalu, tindak lanjut dari pertemuan awal tersebut adalah Workshop bersama RS.Pendidikan dan RS. Jejaring Strategis FK Unizar yang digelar di Aula RS.Pendidikan Utama-RSU Bangli (Kamis 27/06/2019).

Workshop bersama ini berlangsung selama sehari dengan tema “Sinergi & Optimalisasi Siklus Kepaniteraan Klinik di RS. Pendidikan & RS. Jejaring Strategis FK Unizar”. Peserta workshop yang hadir terdiri dari Dosen Pendidik Klinis (DPK), Komite Koordinasi Pendidikan (Komkordik) dan Tim Koordinasi Pendidikan (Kordik) dan Tim Manajemen dari RS.Pendidikan Utama-RSU Bangli, RS.Pendidikan Satelit-RSUD Klungkung, RS.Pendidikan Afiliasi-RSJ.Prov.Bali dan RS.Jejaring Strategis-RSUD dr. R. Soedjono Selong.

Selain itu, FK Unizar juga mengirimkan tim yang terlibat dalam Program Pendidikan Profesi Dokter (PPPD) terdiri dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan beserta tim profesi, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Keuangan beserta jajarannya dan Wakil Dekan Bidang Riset, Pengabdian Masyarakat dan Humaniora bersama tim.

Keterlibatan antara institusi pendidikan kedokteran seperti FK Unizar dengan Rumah Sakit yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sebagai RS.Pendidikan merupakan hal fundamental yang perlu ditingkatkan sinerginya sebagai wahana penyelenggaraan pendidikan profesi dokter bagi dokter muda.

Saat ini, proses pendidikan profesi dokter menjadi salah satu fokus FK Unizar untuk meningkatkan kualitas dan mutu sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) dan revitalisasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Progresifitas dan agresivitas untuk berbenah diri bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan profesi dokter di FK Unizar sangat luar biasa.

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, FK Unizar telah memiliki 3 RS.Pendidikan yang tersertifikasi oleh Kemenkes RI. Tahun 2017, FK Unizar memiliki RS.Pendidikan Utama-RSU Bangli, setahun kemudian RSUD Klungkung ditetapkan sebagai RS.Pendidikan Satelit FK Unizar dan pada Bulan Mei 2019, RS.Jiwa Prov. Bali mendapatkan sertifikat sebagai RS.Pendidikan Afiliasi FK Unizar.

“Terwujudnya kerja keras dan kerja cerdas dari kedua pihak (FK Unizar & RS.Pendidikan) adalah hal yang luar biasa dan patut untuk disyukuri bersama. Karena ini membuktikan bahwa tidak hanya FK yang ingin berkomitmen untuk mewujudkan RS.Pendidikan sebagai wahana dokter muda melakukan kepaniteraan klinik, tetapi pihak rumah sakit pun sangat antusias dalam merealisasikan rumah sakit sebagai RS.Pendidikan“ ungkap Dekan FK Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M. Kes yang disambut riuh tepuk tangan para peserta workshop.

Workshop ini dibagi dalam 2 sesi yaitu Sesi I mengenai pemaparan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan supporting system dalam pelaksanaannya dan Sesi II lebih difokuskan terhadap sinergi dan optimalisasi siklus kepaniteraan pada 5 stase yaitu Stase Interna, Bedah, Obgyn, Anak dan Psikiatri.

Adapun target dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terlaksananya optimalisasi siklus kepaniteraan klinik untuk 5 stase tersebut, terlaksananya proses pembelajaran dan penilaian untuk mencapai kompetensi berdasarkan SKDI dan Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan FK Unizar, terlaksananya riset dan pengabdian kepada masyarakat oleh DPK dan dokter muda, tercapainya optimalisasi sumber daya manusia (SDM) DPK dan sarana penunjang kepaniteraan klinik, serta meningkatnya angka kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) secara simultan dan berkesinambungan.

“Melalui workshop sinergi dan optimalisasi siklus Kepaniteraan klinik ini, semua RS.Pendidikan dan RS. Jejaring Strategis FK Unizar dalam menyelenggarakan kepaniteraan klinik memiliki kualitas dan standar yang sama, mengacu pada SKDI. Oleh karena itu, goal workshop ini adalah produk pembelajaran, penilaian, dan sistem kepaniteraan yang berkualitas. Selain itu, produk riset & pengabdian kepada masyarakat makin meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas” imbuh Dekan FK Unizar.

Harapannya, FK Unizar bersama RS.Pendidikan dan RS. Jejaring Strategis makin solid dan seiring sejalan dalam rangka meningkatkan knowledge, skills dan personal behaviour  dokter muda yang menjalankan kegiatan kepaniteraan klinik pada PPPD FK Unizar guna mengoptimalisasi pencapaian kompetensi dokter Indonesia. Hasil pertemuan ini akan diimplementasikan pada Bulan Agustus mendatang.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2019 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube