header-int

FK UNIZAR Gelar Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah 8 Dokter Baru

Kamis, 20 Apr 2017, 17:41:55 WIB - 35 View
Share
FK UNIZAR Gelar Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah 8 Dokter Baru

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) kembali menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah dokter ke-XVI pada hari Kamis, 20 April 2017 di Aula Graha Abdurrahim UNIZAR. Sebanyak 8 orang dokter baru dilantik dan diambil sumpah oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes dan disaksikan oleh keluarga dan sejumlah tamu undangan.

Tamu undangan yang hadir diantaranya Wakil Rektor I UNIZAR, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Propinsi NTB, Kepala Komite Koordinasi Pendidikan (KOMKORDIK) Rumah Sakit Pendidikan Utama (RS.Pendidikan Utama) FK UNIZAR sekaligus mewakili Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Bangli dan para Dekan Fakultas di Wilayah UNIZAR.

Sebanyak 8 orang dokter baru dilantik dan diambil sumpah setelah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) periode Februari 2017. Uji kompetensi ini merupakan exit exam yang harus dilalui oleh tiap mahasiswa kedokteran yang telah menyelesaikan program pendidikan profesi dokter. Uji kompetensi tersebut terdiri dari 2 sistem penilaian yaitu Computer Based Test (CBT) atau ujian teori dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) atau ujian praktik.

dr. A.N Yuwono menjadi perwakilan dari dokter baru untuk menyampaikan kesan dan pesan di hadapan para tamu undangan dan keluarga. “Terima kasih kepada para Dosen yang telah mengajarkan kami tentang keteladanan dan etika yang luhur selama menjadi mahasiswa FK UNIZAR dan kepada kedua orang tua kami yang telah mencurahkan segala kasih sayangnya sehingga kami mampu mencapai tahap ini" ujarnya.

Dekan FK UNIZAR dalam sambutannya menyampaikan bahwa tantangan kedepan bagi mahasiswa kedokteran dan dokter baru semakin besar, sehingga peran fakultas dalam meningkatkan kualitas pendidikan dokter makin besar pula. “Fakultas Kedokteran UNIZAR sedang melakukan pembenahan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Syukur Alhamdulillah, berkat kerja keras para civitas akademika FK UNIZAR dan stakeholderterkait, RSU Bangli telah ditetapkan oleh Kemenkes RI sebagai RS. Pendidikan Utama FK UNIZAR SK nomor HK.02.02/I/0563/2017” ungkapnya.

FK UNIZAR juga sedang dalam upaya meningkatkan kualitas interaksi akademik dan non-akademik baik dalam skala nasional maupun internasional. Melalui sambutannya, dr. Artha menjelaskan bahwa setelah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK UNIZAR pada Bulan September 2016 lalu menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia XI (Rakornas ISMKI XI) dan pada Bulan Mei mendatang FK UNIZAR akan menjadi tuan rumah Annual Meeting Forum Kedokteran Islam Indonesia (FOKI) 2017. “Kegiatan ini akan dihadiri oleh 30 FK Islam seluruh Indonesia dan delagasi FK dari luar negeri” lanjutnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, dr. Artha berpesan kepada para dokter baru agar mampu menghadapi persaingan global di tengan masyarakat sehingga dokter baru harus menjadi health care provider yang baik,decision maker yang handal dan problem solver yang rendah hati. “Kepada anak-anak ku yang baru disumpah, dimanapun bertugas jaga nama baik almamater, ukir prestasi yang gemilang dan membanggakan, serta jadilah dokter yang rahmatan lil ‘aalamiin” ungkapnya. Hingga saat ini FK UNIZAR telah meluluskan 139 dokter.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2018 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube