header-int

FK Unizar gelar Pengabdian Kepada Masyarakat bersama PERDOSPI

Selasa, 10 Des 2019, 09:45:15 WIB - 298 View
Share
FK Unizar gelar Pengabdian Kepada Masyarakat bersama PERDOSPI

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK Unizar) Mataram melakukan kolaborasi pengabdian kepada masyarakat kali pertama dengan salah satu perhimpunan dokter spesialis yaitu Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan Indonesia (PERDOSPI). Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini adalah Pelayanan Kesehatan Haji Kedokteran Penerbangan Tahun 2019 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan ini berlangsung selama satu hari yang bertempat di Ruang GA 8, Universitas Islam Al-Azhar Mataram.

Pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram, dr. I Wayan Diantika, para petugas haji dari KKP Kelas II Mataram, ketua penyelenggaraan TKHI NTB, dosen tim pengajar wahana kesehatan haji dari Blok Elektif FK Unizar, dan para dokter spesialis yang terlibat saat pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, UKM Medical Voice Gita Gempita FK Unizar turut memeriahkan kegiatan ini.

Wakil Ketua PERDOSPI, dr. Ferdi Afian, Sp.KP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada FK Unizar yang telah menjadi mitra untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. “Dari beberapa aspek yang mendukung kelaikan terbang Jemaah haji, pelayanan embarkasi haji terkait kedokteran penerbangan belum ada pedoman dan petunjuk yang jelas. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi sarana untuk menyempurnakan pedoman yang telah disusun oleh PERDOSPI agar tujuan pelaksanaan kesehatan haji dapat tercapai dengan baik”.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dekan FK Unizar, Dr.dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes. “Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini merupakan  salah satu bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT). Kegiatan ini sebagai upaya kami untuk meningkatkan luaran dua Tri Dharma PT yaitu pengabdian masyarakat dan riset. Ini adalah langkah yang baik dalam meningkatkan mutu pendidikan kedokteran di FK Unizar dengan melibatkan berbagai sektor yang turut serta memperbaiki aspek kesehatan masyarakat Indonesia” ucap dr. Artha.

Bersama PERDOSPI, FK Unizar akan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama pada Sabtu, 07 Desember 2019 dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) PERDOSPI di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta. Kerjasama ini untuk meningkatkan kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang Pendidikan, FK Unizar telah memasukkan konten kesehatan haji dalam kurikulum pada Tahap Program Pendidikan Akademik Sarjana Kedokteran (PPASK) dan anggota PERDOSPI menjadi bagian dari tim pengajarnya.

Peranan kedokteran penerbangan dalam pelayanan kesehatan haji perlu dikenalkan lebih lanjut melalui  sosialisasi yang intens kepada semua pihak, termasuk institusi pendidikan dan instansi pemerintahan yang terlibat.  Materi pengabdian kepada masyarakat kali ini mengenai Sosialisasi Pedoman Kesehatan Haji di Embarkasi Dalam Pelayanan Kesehatan Haji yang disampaikan oleh dr. Ferdi Afian, Sp.KP.

Berdasarkan Permenkes No. 15/2016, keberadaan dokter penerbangan sangat penting dalam pelayanan kesehatan di pemerintahan, terutama pelayanan kesehatan haji di embarkasi. Ada 3 hal utama yang disampaikan kepada forum yaitu rekomendasi alur pelayanan kesehatan calon Jemaah haji, rekomendasi instrumen pemeriksaan kelaikan terbang, dan rekomendasi pelayanan sebelum, selama dan setelah penerbangan.

Ketiga hal ini merupakan cakupan kolaborasi antara institusi pendidikan yaitu Fakultas Kedokteran, instansi pemerintahan seperti KKP dan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan. Dengan tujuan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai calon Jemaah haji dan tim yang terlibat dalam pelayanan kesehatan haji. Hingga saat ini, PERDOSPI sudah mengeluarkan produk berupa aplikasi Fit to Fly berbasis Android yang dapat digunakan oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan ibadah haji dan umroh.

Pada sesi berikutnya, para partisipan mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang dipandu oleh dr. Hj. Suci Nirmala, S.Ked, selaku Manajer Pengabdian Masyarakat dan Humaniora (Pengmashum) FK Unizar. Pada sesi ini, peserta FGD diarahkan untuk menemukan solusi untuk beberapa masalah yang sering dialami oleh Jemaah haji, petugas Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan para penanggung jawab penyelenggaraan kesehatan haji.

Harapannya, luaran dari kegiatan ini berupa rekomendasi untuk advokasi ke berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kesehatan haji dan perbaikan pedoman pelayanan kesehatan di embarkasi sehingga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan haji pada periode berikutnya. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 13.00 Wita yang diakhiri dengan foto bersama.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2020 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube