header-int

FK Unizar Launching Bioetik pada Seluruh Sivitas Akademika

Rabu, 21 Agu 2019, 13:46:22 WIB - 34 View
Share
FK Unizar Launching Bioetik pada Seluruh Sivitas Akademika

FK Unizar Launching Bioetik pada Seluruh Sivitas Akademika

 

Selasa (20/08/2019), Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK Unizar) Mataram mengadakan kegiatan Launching Bioetik sebagai bentuk sosialisasi kepada mahasiswa, dosen dan karyawan mengenai bioetik di lingkungan FK Unizar. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan rapat koordinasi Pusat Pendidikan Kedokteran (P2K) dan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) bersama advisor Bioetik FK Unizar yaitu dr. Siti Pariani, M.S, M.Sc, Ph.D. Launching Bioetik digelar di Aula Graha Abdurrahim yang dihadiri oleh sekitar 350 orang sivitas akademika FK Unizar yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan karyawan.

Bagian Bioetik di FK Unizar adalah struktur baru yang dibentuk untuk menangani aspek non-akademik guna mendukung pelaksanaan kegiatan akademik baik yang dilakukan oleh dosen, karyawan maupun mahasiswa. Keberadaan Bagian Bioetik merupakan upaya Fakultas untuk memfasilitasi sivitas akademika dalam pemahaman etika melalui pembelajaran (teoritis) yang terintegrasi dalam kurikulum PSPD FK Unizar dan aktualisasi etika pada kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sosial maupun kehidupan bermasyarakat. Lebih spesifik, FK Unizar memiliki suatu wadah untuk implementasi bioetik yang menunjang kegiatan akademik mahasiswa melalui bioetik akademik, dan penerapan etika dalam keseharian sivitas akademika melalui bioetik dosen, mahasiswa dan karyawan.

Selain itu, mahasiswa juga akan terbiasa dengan layanan bimbingan non akademik melalui Klinik Konseling yang disediakan oleh fakultas dalam menunjang kegiatan akademik sehingga masalah-masalah etika baik yang timbul dari diri mahasiswa maupun lingkungannya dapat diatasi dengan segera dan tertangani secara tuntas. Demikian juga dosen dan karyawan di lingkungan FK Unizar dapat mengakses layanan konseling untuk mengatasi hal-hal yang dapat mengganggu kinerja dan kolaborasi antar bidang.

Acara ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 Wita yang secara langsung dibuka oleh Dekan FK Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan rangkaian terobosan besar untuk langkah-langkah strategis dalam memajukan penyelenggaraan Pendidikan di FK Unizar. Sejak setahun yang lalu disusun bersama dengan tim struktural terkait. Implementasi bioetik dalam akademik fokus pada integrasi materi bioetik dalam kurikulum dan kohort bioetik, sedangkan implementasi bioetik dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan aturan, etika dan tata tertib yang telah diberlakukan di FK Unizar. Jadi gerakan kita terstruktur, terukur dan proporsional yang dikemas dalam monitoring dan evaluasi berkala.

Sesi selanjutnya, penyampaian materi oleh Tim Bioetik mengenai profil bioetik akademik dan bioetik dosen, mahasiswa dan karyawan, materi kedua mengenai peran bioetik dalam pendidikan kedokteran yang disampaikan oleh Advisor Bioetik FK Unizar, diakhiri dengan diskusi dan peresmian Bioetik melalui pemotongan tumpeng sebagai simbol Launching Bioetik FK Unizar.

“Menurut saya, konsep bioetik yang dirintis dan dikembangkan oleh FK Unizar ini satu-satunya yang baru ada di Indonesia, dapat segera dilaporkan ke UNESCO untuk menjadi model implementasi bioetik di dunia Pendidikan Indonesia” ungkap dr. Siti Pariani usai menyampaikan materi di hadapan para sivitas akademika.

Harapannya, FK Unizar dapat menjadi mercusuar Nasional dalam penerapan bioetik akademik maupun kegiatan sehari-hari serta membuat FK Unizar makin maju dan berwibawa. Dengan demikian, komitmen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK Unizar) dalam mendidik mahasiswa yang menuju generasi yang rahmatan lil alamin dan memiliki personal behavior yang baik sesuai dengan visi misi FK Unizar dapat tercapai.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2019 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube