header-int

Penetapan Rumah Sakit Umum Bangli Sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fk Unizar

Minggu, 26 Mar 2017, 20:41:22 WIB - 147 View
Share
Penetapan Rumah Sakit Umum Bangli Sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fk Unizar

Hasil usaha FK Unizar dan RSU Bangli akhirnya berbuah manis. Rumah sakit umum Bangli, Bali telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran Unizar pada tanggal 16 Maret 2017 di Jakarta. Surat Keputusan (SK) Penetapan ini secara langsung diserahkan oleh dr. Ester Marini Lubis, M.Kes dari Ditjen Bina Pelayanan Kemenkes RI selaku tim Asesor Akreditasi RS. Pendidikan Utama kepada Wakil Direktur RSU Bangli.

Dekan FK Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M. Kes sangat merespon positif hal ini, “Penetapan RSU Bangli sebagai RS. Pendidikan Utama bagi FK Unizar oleh Kemenkes RI dengan SK nomor HK.02.02/I/0563/2017 memantapkan Program Pendidikan Profesi di FK Unizar. Dengan demikian, FK Unizar memasuki era baru dalam mendidik para calon dokter karena para calon dokter dididik di RS. Pendidikan yang sudah resmi disertifikasi oleh Kemenkes RI. Hal ini menunjukkan bahwa dokter yang dihasilkan FK Unizar telah memenuhi syarat kompetensi dan legalitas.” Rumah Sakit Pendidikan Utama merupakan wadah penting dalam pelaksanaan pendidikan profesi dokter dan menjadi salah satu bagian dalam peningkatan mutu Fakultas Kedokteran, beliau melanjutkan bahwa dengan telah memiliki RS. Pendidikan Utama, maka akan lebih memantapkan persiapan Reakreditasi FK Unizar yang pelaksanaannya pada tahun 2018 mendatang.

Penetapan RSU Bangli sebagai RS. Pendidikan Utama tentunya tidak terlepas dari peran tim Penetapan Akreditasi RS. Pendidikan Utama yang telah ditugaskan oleh Dekan FK Unizar untuk berkoordinasi dan bekerja sama dengan tim kelompok kerja dari RSU Bangli. Kolaborasi ini telah dimulai sejak Tahun 2016 untuk saling melengkapi kekurangan maupun perbaikan dokumen Borang Akreditasi yang dibutuhkan. Tanggal 17 November 2016 persiapan RSU Bangli sebagai RS. Pendidikan Utama dilihat dan dinilai oleh tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali melalui visitasi awal atau pra-visitasi. Semua saran perbaikan yang diberikan oleh tim pra-visitasi langsung diselesaikan oleh setiap kelompok kerja (pokja) standar borang Akreditasi RS. Pendidikan

Hasil pra-visitasi menjadi acuan bagi Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk merekomendasikan RSU. Bangli sebagai RS. Pendidikan Utama FK Unizar sehingga dapat divisitasi dan dinilai oleh tim Akreditasi RS. Pendidikan Kemenkes RI. Surat permohoman penetapan RSU Bangli sebagai RS. Pendidikan disambut baik oleh Kemenkes RI dan pada tanggal 19 Desember 2016 dilakukan visitasi penetapan RS. Pendidikan oleh Tim Kemenkes RI yang dipimpin oleh Dr. dr. Ina Rosalina, Sp. A (K), M. Kes, MH. Kes. Tidak berselang lama, revisi dokumen borang Akreditasi RS.Pendidikan yang terdiri dari lima standar diserahkan kembali ke tim Kemenkes RI, di bagian Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan oleh Wakil Dekan I FK Unizar, dr. Iing, M.Erg; Wakil Direktur I RSU Bangli, Ketut Darmaja, SKM, M. Kes; dan Kepala Komite Koordinasi Pendidikan (Komkordik), dr. I Dewa Gede Oka Darsana, Sp. An sebagai perwakilan dari pihak FK Unizar dan RSU Bangli.

Penetapan RSU Bangli sebagai RS. Pendidikan Utama FK Unizar di bulan Maret ini tentunya menjadi kabar baik yang dinantikan oleh semua pihak yang terlibat. Rumah Sakit Pendidikan Utama FK Unizar mendapat peringkat B dengan masa berlaku selama tiga tahun. Rumah Sakit Pendidikan Utama FK Unizar akan menyelenggarakan pembelajaran klinik mahasiswa kedokteran guna mencapai kompetensi berdasarkan standar pendidikan dokter sehingga menghasilkan dokter yang profesional, mumpuni dan amanah. Selanjutnya, upaya peningkatan kualitas pendidikan kedokteran oleh FK Unizar akan ditingkatkan lagi dengan penetapan Rumah Sakit Pendidikan Afiliasi dan Rumah Sakit Pendidikan Satelit pada tahun ini.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2018 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube