header-int

Supervisi Rumah Sakit Pendidikan Oleh Tim Monitoring Dan Evaluasi Rumah Sakit Pendidikan Fk Unizar

Minggu, 26 Mar 2017, 20:40:09 WIB - 161 View
Share
Supervisi Rumah Sakit Pendidikan Oleh Tim Monitoring Dan Evaluasi Rumah Sakit Pendidikan Fk Unizar

Supervisi Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK Unizar) merupakan agenda rutin per tiga bulan yang dilakukan oleh Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke setiap RS. Pendidikan yang bekerja sama dengan FK Unizar. Dekan FK Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M. Kes telah menugaskan Tim Monev RS. Pendidikan yang terdiri dari dr. Iing, M. Erg selaku Wakil Dekan I FK Unizar, dr. Yolly Dahlia, Sp.KJ selaku Ketua Tim Supervisi RS.Pendidikan, dr. I Dewa Gede Oka Darsana, Sp. An dari Komite Koodinasi Pendidikan (Komkordik) RS. Pendidikan Utama dan dr. Nisia Putri Rinayu selaku Koordinator Program Pendidikan Profesi Dokter (PPPD) untuk melakukan supervisi periode Maret 2017 ke berbagai RS. Pendidikan yaitu Rumah Sakit Umum (RSU) Bangli sebagai RS. Pendidikan Utama, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soedjono Selong-Lombok Timur, RSUD Praya-Lombok Tengah, RSUD Tanjung-Lombok Utara, RS Jiwa Provinsi Bali, RSUD Klungkung dan RSUP Sanglah, Denpasar-Bali yang dimulai sejak tanggal 14-17 Maret 2017.

Supervisi RS. Pendidikan merupakan upaya FK Unizar dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan proses penilaian pada Program Pendidikan Profesi Dokter. Hal ini mengacu pada pedoman dasar yang berasal dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Kedokteran pasal 4 dan 5 butir (1), (2) dan (3); Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2015 Tentang Rumah Sakit Pendidikan pasal 15 butir (1) dan (2), pasal 30 butir (1); dan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKES)-BAN PT yang tertera pada Standar 5 mengenai Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik. Selaras dengan hal tersebut, Wakil Dekan I FK Unizar, dr. Iing, M.Erg menyampaikan bahwa supervisi RS. Pendidikan dilaksanakan agar terjalinnya koordinasi antara institusi pendidikan dan RS. Pendidikan serta melihat secara komprehensif proses pembelajaran dan proses penilaian apakah telah sesuai standar atau belum sehingga tujuan akhir dari supervisi ini dapat tercapai yaitu peningkatan mutu PPPD FK Unizar.

Kegiatan supervisi periode kali ini mencakup pada empat bagian yaitu (1) Manajemen RS. Pendidikan, (2) Komkordik/TimKordik/Bakordik/Diklat, (3) Dosen Pendidik Klinis (DPK) dan (4) Dokter Muda. Keempat aspek ini merupakan satu kesatuan yang saling terintegrasi dalam pelaksanaan kegiatan kepaniteraan klinik di RS. Pendidikan sehingga perlu adanya proses evaluasi yang berkelanjutan dan dilakukan secara periodik setiap tahunnya. Hasil evaluasi yang dilakukan oleh Tim Monev RS. Pendidikan akan menjadi dasar perbaikan kegiatan kepaniteraan klinik selanjutnya di berbagai RS. Pendidikan FK Unizar. Hal ini tidak terlepas dari misi FK Unizar untuk mencetak generasi dokter yang lebih berkualitas di masa mendatang sehingga sesuai dengan amanah UU Dikdok yang menghasilkan dokter yang berbudi luhur, bermartabat, bermutu, berkompeten, berbudaya menolong, beretika, berdedikasi tinggi, profesional, berorientasi pada keselamatan pasien, bertanggung jawab, bermoral, humanistis, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial, dan berjiwa sosial tinggi.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2018 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube