header-int

Talkshow TKHI Menjadi Metode Pembelajaran Blok Elektif Kesehatan Haji FK UNIZAR

Rabu, 20 Jan 2021, 09:27:10 WIB - 74 View
Share
Talkshow TKHI Menjadi Metode Pembelajaran Blok Elektif Kesehatan Haji FK UNIZAR

Selasa (19/01/2021), Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) menggelar Talkshow pada Blok Elektif Kesehatan Haji dengan tema “Menjadi Tenaga Kesehatan Haji Indonesia, Siapa Takut?” di Ruang Theater UNIZAR yang dilaksanakan selama 150 menit dari pukul 08.00-10.30 Wita. Kegiatan ini merupakan salah satu metode pembelajaran pada Blok Elektif Kesehatan Haji dengan menghadirkan para pakar yang menjadi dosen tamu pada blok tersebut untuk berbagi pengalaman mengenai Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kepada 38 orang mahasiswa blok tersebut.

Talkshow ini juga dihadiri oleh tamu undangan diantaranya Wakil Rektor 2 UNIZAR, Dekanat FK UNIZAR, para pejabat struktural FK UNIZAR, para dosen fasilitator pada Blok Elektif dan beberapa dosen muda. Hadirnya para tamu undangan ini merupakan bentuk dukungan terhadap terlaksananya proses pembelajaran pada Blok Elektif Kesehatan Haji hingga kompetensi yang diharapkan tercapai dan dapat diaplikasikan setelah menempuh tahap Program Pendidikan Akademik Sarjana Kedokteran (PPASK) maupun Program Pendidikan Profesi Dokter (PPPD) di FK UNIZAR.

Blok Elektif Kesehatan Haji merupakan Blok terakhir yang ditempuh oleh mahasiswa tahap PPASK yang dilaksanakan pada Semester VII/Gasal selama 4 minggu. Blok ini dirancang dengan berbagai metode pembelajaran, salah satunya berbentuk talkshow. Tak kalah penting, Blok ini merupakan salah satu cerminan dari visi PSPD FK UNIZAR yaitu menjadi program studi pendidikan dokter yang rahmatan lil alamin dengan unggulan di bidang kesehatan pariwisata tahun 2029.

Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dr. Artha sangat mengapresiasi penyelenggaraan talkshow ini sebagai metode pembelajaran dengan suasana yang berbeda dari sekedar kuliah interaktif secara daring.

“Mahasiswa yang mengambil Blok Elektif adalah mahasiswa Semester VII yang sebentar lagi akan koskap, sehingga blok elektif kesehatan haji ini merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh seorang dokter lulusan FK UNIZAR. Tentunya, bekal menjadi seorang dokter yang kompeten dibutuhkan KAP, knowledge, afektif dan psikomotor. Tema talkshow kali ini sangat menarik sehingga memberikan gambaran kepada mahasiswa sekalian mengenai kiat-kiat sukses menjadi TKHI” Ucap dr. Artha

Saat ini, FK UNIZAR menerapkan blended learning dengan protokol kesehatan yang ketat setelah hampir tujuh bulan melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan karena menjadi seorang dokter perlu memiliki skill nyata yang mumpuni, tidak bisa didapatkan dengan pembelajaran secara daring. Tentunya penerapan blended learning dilakukan berdasarkan informasi dan implementasi kegiatan luring yang dilakukan oleh fakultas kedokteran dibeberapa universitas yang lebih dulu menerapkan metode tersebut.

Talkshow ini menghadirkan 3 narasumber yang berasal dari instansi pemerintah dan asosiasi kesehatan haji Indonesia. Para narasumber ini telah memiliki pengalaman sebagai TKHI maupun Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dari Provinsi NTB. Narasumber pertama dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB (Dikes Prov.NTB), dr. Zainul Arifin, M.PH yang saat ini menjabat Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dikes Prov.NTB. Materi yang disampaikan mengenai Tata Cara Menjadi TKHI dan PPIH.

Narasumber kedua adalah Ketua Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi NTB, H. Lalu Sahrun, S.Kep.Ns yang menyampaikan materi tentang Menjadi Petugas Haji yang Shar’i. Pemateri terakhir adalah Ali Sukmajaya, M.PH dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram yang saat ini menjabat sebagai Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilance Epidemiologi. Materi yang disampaikan mengenai Recruitment Petugas Kesehatan Haji 2021. Talkshow ini dipandu oleh dr. M. Sadid Faizin, S.Ked selaku moderator.

Kegiatan ini makin interaktif ketika momen diskusi yang berlangsung selama 50 menit. Para peserta sangat antusias menyampaikan beberapa pertanyaan kepada narasumber mengenai sejarah TKHI, tantangan menjadi TKHI hingga cara jitu agar bisa lulus seleksi sebagai TKHI. Harapannya dengan adanya talkshow ini, mahasiswa yang terlibat dalam blok elektif ini mampu memahami mengenai syarat admnistrasi dokter sebagai TKHI dan PPIH, tahapan seleksi, pelatihan kompetensi, pembekalan integrasi, hingga mempersiapkan diri untuk menjadi TKHI dan PPIH yang sigap, handal, amanah, responsive dan inovatif serta kompeten.

Salah seorang mahasiswa menjadi penanya saat diskusi pada Talkshow TKHI FK Unizar