header-int

Usai Re-Akreditasi, FK Unizar gelar Sumpah Dokter Periode XX

Selasa, 22 Mei 2018, 09:11:57 WIB - 733 View
Share
Usai Re-Akreditasi, FK Unizar gelar Sumpah Dokter Periode XX

Rabu (9/5) menjadi hari bersejarah bagi 24 orang mahasiswa Program Pendidikan Profesi Dokter (PPPD) FK Unizar yang telah lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode Februari 2018. Ujian Computer Based Test (CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan exit exam yang harus dilalui oleh semua mahasiswa Fakultas Kedokteran untuk mendapatkan gelar dokter (dr).

Pelatikan dan pengambilan sumpah dokter dilaksanakan di Aula Graha Abdurrahim, Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Dekan FK Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes memimpin prosesi pelantikan dan sumpah dokter. Selain itu, pada acara tersebut turut hadir Sekretaris IDI Wilayah NTB, dr. H. L. Ahmadi Jaya, Sp.PD, para Wakil Dekan beserta jajarannya, dosen dan staf FK Unizar, orang tua mahasiswa serta tamu undangan lainnya. Acara berlangsung khidmat dengan pemasangan pin IDI yang disematkan oleh Sekretaris IDI Wilayah NTB kepada salah satu dokter yang dilantik.

Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK Unizar pada akhir April lalu telah melaksanakan re-akreditasi yang ditandai dengan adanya kunjungan lapangan dari Asesor LAMPTKes. Hal ini menunjukkan bahwa proses akreditasi Tahun 2018 telah berlangsung dan semua civitas akademika. FK Unizar menanti hasil penilaian audit eksternal tersebut. Pada momen tersebut, Dekan FK Unizar dalam sambutannya meminta kepada para hadirin untuk turut mendoakan agar hasil Akreditasi PSPD FK Unizar nantinya meningkat jadi B.

Pelantikan dan Sumpah Dokter merupakan momen seremonial yang membanggakan pihak fakultas dan orang tua dokter baru yang disumpah terhadap upaya yang dilakukan sehingga dinyatakan lulus. Hingga saat ini, FK Unizar telah berhasil meluluskan 207 orang dokter. Acara ini dimeriahkan oleh Gita Gempita FK Unizar sehingga menambah kemeriahan Hypocrathic Oath periode kali ini. 

Selamat kepada para Dokter yang baru dilantik dan diambil sumpah, semoga menjadi dokter Rahmatan Lil'alamiin yang profesional, amanah, mumpuni dan menjaga nama baik almamater di masyarakat.(EM)

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2019 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube