header-int

Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar bersama Jajaran Rektorat dan FK Unizar adakan lawatan ke RSUD Bali Mandara Prov.Bali

Kamis, 08 Agu 2019, 11:19:44 WIB - 105 View
Share
Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar bersama Jajaran Rektorat dan FK Unizar adakan lawatan ke RSUD Bali Mandara Prov.Bali

Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, Jajaran Rektorat dan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK Unizar) Mataram bertandang ke rumah sakit Provinsi Bali, RSUD Bali Mandara pada Senin (22/07/2019). Rombongan dari Unizar berjumlah lima belas orang yang terdiri dari 5 orang pengurus Yayasan, Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP  beserta 4 orang dari jajaran rektorat dan Dekan FK Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes bersama 4 orang Tim FK Unizar. Rombongan tersebut secara langsung disambut oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bali Mandara, dr. Bagus Darmayasa, M.Repro bersama jajaran manajemen di Auditorium RSUD Bali Mandara.

Kunjungan ini merupakan langkah awal dari Yayasan bersama Rektorat dan FK Unizar untuk merintis pembangunan Rumah Sakit Universitas Islam Al-Azhar (RS.Unizar) sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat dan wahana pendidikan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa kedokteran. Perkembangan dan pembangunan RSUD Bali Mandara yang cukup pesat hingga mendapatkan predikat Akreditasi Paripurna dan Rumah Sakit Tipe B merupakan dasar awal bagi tim Unizar untuk mengadakan lawatan tersebut.

“Saya sangat senang tim Unizar berkunjung ke tempat kami, rumah sakit ini terbilang masih muda, baru beroperasi selama 1,5 tahun sejak diresmikan pada 28 Oktober 2017. Kami menyambut baik untuk berbagi mengenai profil rumah sakit ini kepada tim Unizar. Selamat datang di RSUD. Bali Mandara. Semoga niat baik ini bisa terwujud sesuai dengan rencana yang telah disusun” ucap Direktur RSUD. Bali Mandara

Rombongan Unizar yang dipimpin oleh Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, Ir. H. Nanang Samodra KA, M.Sc, melihat dan mendengarkan langsung pemaparan oleh Direktur RSUD. Bali Mandara mengenai profil rumah sakit kebanggaan masyarakat Bali tersebut. Semangat dan akselerasi tata kelola yang mumpuni dari RSUD. Bali Mandara menjadi hal penting yang perlu diadopsi untuk mengembangkan wahana pelayanan kesehatan yang unggul dan terpercaya di kalangan masyarakat, khususnya di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami, rombongan dari Unizar, sangat antusias untuk belajar dari RSUD.Bali Mandara mengenai tata kelola dan percepatan pembangunan rumah sakit. Rencana pembangunan RS.Unizar telah digalakkan sejak beberapa tahun belakangan ini, tetapi belum mendapatkan partner yang cocok. Rumah sakit ini, RSUD.Bali Mandara, dijadikan salah satu rumah sakit favorit bagi wisatawan asing untuk berobat di Bali yang biasanya berobat di RS. swasta, berarti ada suatu ciri khas yang bisa kami telisik dari RSUD ini” ucap Nanang dalam sambutannya.

RSUD. Bali Mandara tidak hanya menjadi rumah sakit yang turut serta melayani wisatawan domestik, tetapi mampu menarik perhatian dan minat turis mancanegara untuk berobat ke rumah sakit tersebut. Hal ini selaras dengan tujuan keberadaan FK Unizar yang fokus terhadap pengembangan kesehatan pariwisata dengan melibatkan mahasiswa kedokteran sehingga ke depannya RS.Unizar dapat memfasilitasi pelayanan di bidang kesehatan pariwisata.

Lawatan ini berlangsung selama sehari dengan rangkaian agenda, diantaranya pemaparan profil rumah sakit oleh Direktur RSUD. Bali Mandara, diskusi dan tanya jawab, tour de hospital untuk melihat fasilitas dan sarana yang menunjang layanan prima RSUD. Bali Mandara, dan diakhiri dengan ramah tamah serta makan siang bersama. 

Harapannya, Unizar dapat menjalin kerjasama yang baik dan progresif untuk meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi dan layanan kepada masyarakat, khususnya di bidang kedokteran dan kesehatan. Dengan demikian, lawatan ini menjadi batu loncatan untuk pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan baik untuk sivitas akademika maupun masyarakat umum.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2019 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube