header-int

Awal Tahun 2021, FK UNIZAR Gelar Pelantikan dan Sumpah Dokter

Rabu, 20 Jan 2021, 09:22:12 WIB - 625 View
Share
Awal Tahun 2021, FK UNIZAR Gelar Pelantikan dan Sumpah Dokter

Sabtu (09/01/2021), Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram (FK UNIZAR) mengadakan Pelantikan dan Sumpah Dokter Periode Ke-28, 29 dan 30 di Ballroom Trawangan, Hotel Kila Sengigi, Lombok Barat. Dokter muda yang akan dilantik dan disumpah adalah mahasiswa Program Pendidikan Profesi Dokter (PPPD) yang telah menyelesaikan kepaniteraan klinik dan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) periode April dan Oktober Tahun 2020 dan Januari Tahun 2021.

Pelantikan dan Sumpah Dokter ini dihadiri oleh tamu undangan diantaranya Rektor UNIZAR, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dinkes Prov. NTB), Direktur RS Pendidikan Jejaring Strategis FK UNIZAR-RSUD Kota Mataram, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi NTB, Perwakilan IDI Cabang Kota Mataram, para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan UNIZAR. Sebanyak 22 orang dokter muda dilantik dan diambil sumpah secara langsung oleh Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya, dr. Artha mengucapkan Selamat Tahun Baru 2021 kepada seluruh hadirin, semoga di tahun ini kita semakin sukses dan dalam berkah Allah SWT. Semoga dengan kebersamaan kita semua, FK UNIZAR makin diperhitungkan dalam kancah pendidikan kedokteran baik tingkat lokal, regional dan nasional.

“Tidak terasa Pandemi Covid-19 telah berlangsung dan memberikan dampak khususnya di sektor pendidikan, termasuk pendidikan kedokteran, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang fundamental selama menghadapi covid-19 dalam menjalankan pendidikan di FK UNIZAR untuk menjamin tercapainya kompetensi yang diperoleh mahasiswa sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI)” ucap dr. Artha

Fakultas Kedokteran UNIZAR telah melakukan langkah strategis dalam menyelenggarakan pendidikan kedokteran selama pandemi Covid-19 yaitu adaptable, creative dan innovative.

“Sebagai Langkah awal, FK UNIZAR pada periode Maret-April 2020, pelaksanaan pembelajaran dengan sangat terpaksa menggunakan metode social distancing terbatas. Kemudian pada akhir April 2020, semua dokter muda ditarik dari RS.Pendidikan. Di masa-masa sulit ini penuh dengan ketidakpastian, kami di jajaran struktural FK UNIZAR tetap tenang, rasional, proporsional, terukur dan dengan prinsip apapun kondisinya tidak menyebabkan semester genap mengalami kemunduran. Periode Mei-Agustus 2020 kemudian diberlakukan metode pembelajaran secara daring. Periode oktober hingga saat ini, proses pembelajaran diputuskan dengan metode blended learning yang dievaluasi setiap selesai 2 blok. Pengambilan keputusan ini tidaklah mudah, dan kami melakukan benchmarking kepada FK-FK yang maju dan sudah terlebih dahulu melaksanakan inovasi pembelajaran di masa pandemi untuk memastikan pemenuhan kompetensi mahasiswa baik pada tahap akademik maupun profesi”ungkap dr. Artha.

Untuk diketahui bahwa Sumpah Dokter Periode ke 28 dan 29 ini sudah dilakukan secara sederhana untuk menjadi syarat pengurusan internship dan surat tanda registrasi (STR) sehingga pengambilan sumpah kali ini lebih pada kegiatan seremonial sumpah untuk periode 28 dan 29. Dekan bersama seluruh pimpinan FK UNIZAR mengucapkan selamat atas pencapaian yang membanggakan ini. Semoga ini menjadi langkah awal kesuksesan dalam meniti karier ke depannya bagi pada dokter yang baru dilantik dan disumpah.

Dikesempatan yang sama, Dekan FK UNIZAR turut menyampaikan capaian yang telah dilakukan oleh FK UNIZAR dalam beberapa bulan terakhir diantaranya Satgas Covid-19 tetap bekerja untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik dengan protokol kesehatan yang ketat. Kemampuan adaptasi dan menguak kegiatan tridharma yang terpendam diantaranya melakukan pengabdian kepada masyarakat pembagian donasi, pembuatan video edukasi pencegahan Covid-19 yang salah satunya telah terdaftar sebagai HAKI dan melakukan 8 webinar series berbasis riset. Puncaknya adalah berdirinya Pusat Studi Kesehatan Pariwisata (PSKP) yang selaras dengan visi Program Studi Pendidikan Dokter (PSDP) FK UNIZAR yaitu menjadi program studi pendidikan dokter yang rahmatan lil alamin dengan unggulan di bidang kesehatan pariwisata tahun 2029.

“Anak-anaku sekalian, dimana pun kalian bertugas, jagalah nama baik almamater FK UNIZAR, tunjukkan pada dunia bahwa dokter lulusan FK UNIZAR adalah dokter yang beriman dan bertakwa. Dokter alumni FK UNIZAR adalahh dokter yang rahmatan lil alamiin, yaitu dokter yang profesional yang mempunyai knowledge, skills dan attitude serta personal behavior yang baik. Buktikan pada dunia bahwa saudara sekalian adalah dokter yang mampu menjadi health care provider yang baik, decision maker yang handal, communicator dan educator yang bijak, community leader dan manager yang berakhlak mulia, serta seorang scientist yang tak pernah berhenti belajar juga seorang problem solver yang rendah hati“ tutup dr. Artha

Di momen ini, Rektor UNIZAR, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP menyampaikan sambutannya dengan memaparkan bahwa saat ini kita sedang menghadapi situasi besar, yaitu revolusi teknologi 4.0 sehingga perlu beradaptasi dan berubah setiap saat serta punya antisipatif. Selain itu, adanya pandemi Covid-19 ini perlu disikapi secara hati-hati dan mempengaruhi berbagai sektor termasuk pada saat pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah dokter dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Terima kasih kepada orang tua dan dokter muda yang baru dilantik atas kepercayaannya kepada UNIZAR untuk menempuh studi pendidikan kedokteran”. Lanjut Pak Rektor.

Tak hanya itu, Kepala Dikes Prov. NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., M.PH turut memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para dokter yang baru dilantik dan disumpah untuk memperkuat jajaran kesehatan dan membangun bidang kesehatan di NTB. Karena saat ini, keterbatasan tenaga dokter dan distribusi dokter yang tidak merata masih menjadi masalah yang perlu diselesaikan di NTB. Harapannya kepada dokter yang baru saja dilantik dapat mengisi kekosongan tenaga dokter pada sarana-sarana kesehatan yang tersebar di NTB sehingga tidak terpusat di Kota Mataram saja.

“Angka kematian ibu dan bayi masih tinggi di NTB dan ini membutuhkan sentuhan dari para dokter yang baru saja dilantik. Di masa pandemi ini, meskipun telah tersedia vaksin namun butuh waktu hingga Maret 2022 proses vaksinasi selesai di seluruh Indonesia sehingga kita masih harus patuh terhadap protokol kesehatan 3M. Pada prinsipnya dalam penanganan Covid-19, lindungi diri sendiri, kemudian lingkungan keluarga, sanak saudara dan masyarakat. Sekali lagi saya ucapkan selamat datang di dunia kesehatan bagi para dokter baru sekalian” ucap dr. Eka.

Selain patuh pada etika, ilmu komunikasi merupakan skill yang penting untuk dipelajari oleh dokter sebagai pelayan kesehatan di masyarakat. Hal ini sejalan dengan pesan dr. Doddy Ario Kumboyo, Sp.OG(K) selaku Ketua IDI Prov.NTB agar para dokter yang baru dilantik dan disumpah untuk terus mengasah kemampuan diri melalui seminar ilmiah maupun pelatihan keterampilan dan ini menjadi bagian yang terus ditingkatkan oleh para lulusan dokter dari FK UNIZAR. Pelantikan dan sumpah dokter periode diakhiri dengan penyematan pin IDI oleh dr. Doddy Ario Kumboyo, Sp.OG(K) dan beberapa lagu yang dipersembahkan oleh Paduan Suara Gita Gempita FK UNIZAR.

 

                                          

Sambutan Dekan FK Unizar

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 22 orang Dokter Muda

Penyematan pin IDI kepada dokter mudah oleh dr. Doddy Aryo Kumboyo, Sp.OG(K), ketua IDI Prov. NTB

 

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2021 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube