header-int

Charity For Love : Ikhtiar menghadapi UKMPPD Periode Februari 2017

Jumat, 31 Mar 2017, 12:41:46 WIB - 8851 View
Share
Charity For Love : Ikhtiar menghadapi UKMPPD Periode Februari 2017

Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian tahap akhir yang akan dilalui oleh seorang dokter muda sebelum resmi menyandang gelar dokter. Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter di awal tahun 2017 secara serentak akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 18 Februari 2017 untuk ujian Computer-Based Test (CBT) dan Sabtu minggu berikutnya, 25 Februari 2017 untuk ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Sejumlah peserta UKMPPD dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar telah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi ujian akhir ini, diantaranya bimbingan UKMPPD dengan sistem teman sebaya yang dikenal dengan peer mentor CBT dan bimbingan OSCE bersama para dosen pendidik klinis. Upaya ini didukung penuh oleh pihak Fakultas Kedokteran untuk meningkatkan kualitas lulusan UKMPPD.

Salah satu bentuk ikhtiar yang dilakukan secara bersama oleh civitas akademika Fakultas Kedokteran adalah kegiatan doa bersama dengan anak yatim dan tausyiah yang dilaksanakan pada Hari Senin, 13 Februari 2017 di Ruang Kelas K1 FK UNIZAR. Kegiatan ini mengambil tema Charity for Love, yang merupakan bagian dari agenda yang diusung oleh Unit Pengabdian Masyarakat FK UNIZAR berkolaborasi dengan Bidang Pendidikan FK Unizar. Charity for Love pertama ini mengundang para anak yatim yang berasal dari Yayasan Pondok Pesantren Assalam di wilayah Lendang Lekong, Kelurahan Babakan, Kecamatan Cakranegara, Mataram dan akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan sebelum peserta UKMPPD menghadapi ujian skala nasional yang dihelat sebanyak 4 kali setahun. Hal ini dilakukan untuk mendoakan para peserta UKMPPD yang akan menghadapi ujian beberapa hari ke depan agar diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT saat ujian berlangsung. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen, staf dan peserta UKMPPD periode Februari FK UNIZAR. Pada kesempatan ini juga Rektor UNIZAR, Bapak Ahmad Firdaus Sukmono, SE, SH, MH,Wakil Rektor I, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP, Wakil Rektor II dr. H. Muchdar dan para Dekan dari beberapa Fakultas yang berada di lingkungan UNIZAR turut serta dalam acara tersebut.

Acara Charity for Love diawali dengan tilawah Al-Quran bersama, kemudian dilanjutkan dengan tausyiah singkat yang disampaikan oleh Ustadz H. Mukarram dan diakhiri dengan doa bersama. Dalam tausyiahnya di hadapan para peserta UKMPPD, Ustadz menyampaikan bahwa peran dokter di masyarakat sama pentingnya dengan peran ulama, dokter memiliki kemampuan untuk memperbaiki taraf kesehatan jasmaniah sedangkan ulama memiliki peran memperbaiki kesehatan ruhaniah masyarakat. Keberadaan dokter dan ulama akan menghasilkan kolaborasi yang baik dalam membentuk masyarakat yang memiliki jiwa dan raga yang sehat. Harapan yang sangat besar kepada para peserta UKMPPD agar mampu menyelesaikan ujian tahap akhir ini dengan baik sehingga Fakultas Kedokteran dapat mencetak dokter yang mumpuni, amanah dan profesional dalam mengemban tugas dan mengabdi sebagai agent of health.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2021 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube