header-int

DISEMINASI AKHIR PENELITIAN DOSEN 2021 FK UNIZAR

Jumat, 03 Sep 2021, 09:15:31 WIB - 27 View
Share
DISEMINASI AKHIR PENELITIAN DOSEN 2021 FK UNIZAR

Penelitian dan perguruan tinggi merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Penelitian yang efektif mampu menghasilkan suatu temuan yang selain bermanfaat dalam memperluas ilmu pengetahuan juga dapat dipergunakan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Hal ini mendorong kebutuhan akan diseminasi penelitian. Diseminasi dapat diartikan sebagai penyebarluasan ide atau gagasan kepada khalayak, biasanya kepada kelompok tertentu seperti sesama akademisi, pengamat, juga masyarakat yang membutuhkan.

Dalam rangka membangun iklim penelitian di FK UNIZAR, maka diadakan kegiatan diseminasi akhir penelitian dosen. Diseminasi merupakan rangkaian dari penyelenggaraan dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini akan dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun yakni pada bulan Agustus dan Desember tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk 1) Membangun iklim penelitian di FK UNIZAR; dan 2) Menyebarluaskan hasil penelitian kepada seluruh civitas akademika FK UNIZAR.

Kegiatan desiminasi akhir penelitian FK UNIZAR ini diselenggarakan selama dua hari pada Jumat dan Sabtu, 27-28 Agustus 2021 tepatnya pukul 13.30 WITA – Selesai melalui virtual room yaitu menggunakan aplikasi Zoom. Acara telah diikuti oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Ketua Pusat Studi Kesehatan Pariwisata (PSKP), Ketua peneliti pengaju proposal dan anggota, Seluruh dosen dan dokter pendidik teknis (dokdiknis), dan mahasiswa FK UNIZAR.

Kegiatan ini dimoderatori oleh ibu Dany Karmila, S.KM, M.Kes. Pelaporan kegiatan kemudian dilaporkan oleh ibu ketua yaitu dr. Sukandriani Utami, S.Ked. Kegiatan kemudian dibuka oleh sambutan Dekan FK UNIZAR (Dr.dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes.) dengan diwakili oleh Wakil Dekan III yaitu Bapak I Putu Dedy Arjita, S.Pd., M.Kes.

Hasil penelitian dibagi kedalam dua sesi yaitu empat presentasi di hari Jumat dan lima presentasi di hari Sabtu. Pada hari Jumat, 27 Agustus 2021, adapun judul yang dibahas dalam kegiatan hari pertama tersebut adalah 1) Kedudukan keluarga dalam mempengaruhi kepatuhan ibu hamil mengonsumsi tablet Fe oleh dr. Fachrudi, M.Epid dan tim; 2) Efektivitas Daun Buni (Antisdema bunius L) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli oleh Sabariah, S.Pd, M.Biomed; 3) Perbandingan pemberian oseltamivir tunggal dengan kombinasi oseltamivir terhadap lama rawat inap pasien COVID-19 di RS Kota Mataram oleh dr. Risky Irawan, Sp.P, MARS dan tim; serta 4) Identifikasi potensi anti-mitotic Eunice sp. di Kawasan Wisata Pantai Kuta Mandalika Lombok oleh I Putu Dedy Arjita, S.Pd, M.Kes dan tim.  

Pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021, dilanjutkan kegiatan sesi kedua yaitu terdiri atas presentasi terkait 1) Hubungan infeksi kecacingan dengan stunting pada anak di Kabupaten Lombok Tengah oleh dr. Fahriana Azmi, M.Biomed dan tim; 2) Hubungan proses desinfektan dan sanitasi lokasi terhadap cemaran escherichia coli pada air minum isi ulang di Kabupaten Lombok Barat tahun 2020 oleh Sabariah, S.Pd, M.Biomed dan tim; 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Gili Terawangan di Nusa Tenggara Barat selama Pandemi COVID-19 oleh Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duars, M.Kes dan tim; 4) Prevalensi patogen dan profil infeksi menular seksual (IMS) di Puskesmas se Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2015-2019 oleh dr. Wiwin Mulianingsih, Sp.KK, M.Kes dan tim; 5) Faktor yang mempengaruhi kejadian diare pada wisatawan: A Systematic Review oleh  dr. Kadek Dwi Pramana, M. Biomed, Sp.PD, FINASIM dan tim.

Presentasi berlangsung selama 15 menit per tim dan diikuti dengan sesi diskusi di akhir. Antusias peserta yang hadir dalam acara desiminasi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang bermunculan secara langsung dan melalui kolom chat. Keaktifan ini kemudian diharapkan untuk terus terjadi dan meningkatkan iklim penelitian dosen dan mahasiswa di FK UNIZAR sesuai dengan arahan dari Dekan FK UNIZAR.

Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.
© 2021 Fakultas Kedokteran UNIZAR Follow Fakultas Kedokteran UNIZAR : Facebook Twitter Linked Youtube