FK UNIZAR

Selamat Datang di Official Website Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar
cover

BEGIBUNG 2022:

FK UNIZAR Kenalkan Heart Based Education pada Mahasiswa Baru

Selasa, 13 September 2022 merupakan momen awal bagi mahasiswa baru angkatan 2022 mengikuti rangkaian kegiatan BEGIBUNG yang dilakukan di RK 1 FK UNIZAR. Kegiatan tersebut dikenal dengan sebutan “Bersama Gapai Impian Sebagai Generasi Unggul” atau disingkat BEGIBUNG. Rangkaian acaranya sarat akan 4 hal yaitu pembentukan karakter, metode pembelajaran, orientasi dan softskill, serta pengembangan diri mahasiswa FK UNIZAR.

BEGIBUNG diambil dari Bahasa sasak yang memiliki arti ‘makan bersama’, sehingga filosofi kegiatan tersebut dimaknai sebagai kegiatan kebersamaan untuk menanamkan karakter yang kuat berlandaskan nilai-nilai rahmatan lil alamiin kepada mahasiswa baru FK UNIZAR. Sebanyak 100 orang mahasiswa baru FK UNIZAR mengikuti kegiatan ini secara tatap muka dengan berbagai rangkaian acara.

BEGIBUNG kali ini mengusung tema “MANDALIKA: Menjalin solidaritas generasi sehat dengan profesionalisme yang berkarakter”. Tema ini mencerminkan materi begibung dalam 6 hari kedepan, 13-18 September 2022. Sejumlah tamu undangan turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Dekanat, Para Manajer, Kepala Satuan Penjaminan Mutu Internal dan Ketua Program Studi.

Kegiatan ini tak kalah meriahnya ketika para tamu undangan, panitia dan peserta mengenakan baju adat dari berbagai daerah yang menggambarkan identitas keberagaman dan harmonisasi interaksi antara dosen, mahasiswa dan karyawan FK UNIZAR. Pada kesempatan tersebut, dr. Deny Sutrisna Wiatma, M.Biomed selaku ketua panitia BEGIBUNG 2021 menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru FK UNIZAR. Kegiatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai humanis, penuh kasih sayang, serta dalam pelaksanaannya tidak ada kekerasan dalam bentuk apapun baik itu secara verbal, fisik maupun psikis.

“Selamat datang di FK UNIZAR, selamat menjadi keluarga besar FK UNIZAR. Kegiatan BEGIBUNG 2022 ini tujuannya mengenalkan dan membentuk karakter mahasiswa FK UNIZAR” ucap dr. Deny

Sambutan Ketua Panitia dr. Deny Sutrisna Wiatma, S.Ked.,M.Biomed

 

Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes secara resmi menyambut mahasiswa baru FK UNIZAR angkatan 2021. Dalam kesempatan ini, dr. Artha menyampaikan bahwa perlu ada perubahan mindset kalau kegiatan ini tidak hanya sekedar orientasi, ini bagian dari program personal professional development (PPD) untuk membentuk karakter mahasiswa FK UNIZAR.

“Kegiatan begibung ini sengaja direncang, bukan sekedar kegiatan orientasi, tetapi sejak awal untuk pengembangan karakter. Pendidikan kedokteran itu sangat berbeda dengan pendidikan di fakultas lain karena sangat rigid, terukur dan detail. Kurang lebih dalam 1 minggu ini anak-anak ku akan diperkenalkan tentang pendidikan kedokteran, karena menjadi mahasiswa kedokteran tidak hanya mau tetapi juga harus mampu serta memiliki self-regulation yang baik. Sejak awal saya sebagai dekan, saya hapus segala bentuk kekerasan baik itu kekerasan verbal, psikis maupun fisik di setiap kegiatan termasuk BEGIBUNG. Sudah bukan jamannya lagi, termasuk dosen kepada mahasiswa. InsyaAllah dalam 1 minggu ini, anak-anak ku sekalian akan dibentuk karakternya dan siap untuk menghadapi pendidikan di FK UNIZAR.

Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran UNIZAR Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes

 

Kegiatan ini mencerminkan core value “Educating the mind without educating the hearth is no education at all (Aristoteles), sehingga FK UNIZAR mengembangkan heart based education”. Berbagai agenda disuguhkan kepada mahasiswa baru dalam kegiatan BEGIBUNG, mulai dari pengenalan FK UNIZAR, metode pembelajaran, profil sumber daya,