FK UNIZAR

cover

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK Unizar) melakukan kegiatan Tour de Campus(TDC) bagi Siswa/i SMA/MA jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali. Kegiatan dengan tagline “Live your dream as a medical student now!” ini diadakan selama sehari pada Minggu, 05 Maret 2023 bertempat di FK Unizar. Jumlah peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 30 orang yang berasal dari berbagai SMA di Kota Mataram, Kab. Lombok Timur, Kab. Lombok Utara, dan Kab. Lombok Tengah.

Tour de Campus merupakan salah satu kegiatan inovasi yang diusung oleh FK Unizar untuk mengenalkan fakultas kedokteran swasta pertama di NTB ini kepada siswa/i SMA/MA. Melalui TDC ini diharapkan siswa/i SMA/MA memiliki gambaran yang nyata terkait aktivitas mahasiswa kedokteran selama menempuh studi di fakultas kedokteran. Tahun ini, TDC akan digelar dalam 3 batch, pada bulan Maret (Batch 1), bulan Juni (Batch 2) dan bulan Juli (Batch 3).

“Tour de Campus merupakan kegiatan tahunan dari program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Kegiatan ini memberikan gambaran kepada siswa/i SMA/MA sebagai calon mahasiswa baru mengenai profil FK Unizar, metode pembelajaran yang dilalui oleh mahasiswa kedokteran. Harapannya, adik-adik siswa/i yang hadir di sini makin meyakinkan diri untuk memilih FK Unizar sebagai tempat menempuh pendidikan kedokteran nantinya”, sambut dr. Hj. Suci Nirmala, S.Ked, selaku Ketua Panitia PMB FK Unizar.

Kehadiran siswa/i pada TDC disambut langsung oleh jajaran manajemen FK Unizar diantaranya Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Sumber Daya, dr. Alfian Muhajir, M.M, Wakil Dekan Bidang Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Humaniora, I Putu Dedy Arjita, S.Pd, M.Kes dan Ketua Program Studi, dr. Nisia Putri Rinayu, M.Kes.

“Kami ingin mengajak teman-teman SMA/MA ini sebelum mempersiapkan diri menjadi mahasiswa kedokteran, bisa terlebih dahulu melihat dan mengikuti proses pembelajaran di FK Unizar. Nantinya adik-adik akan merasakan kegiatan seperti Clinical Skills Lab (CSL) sebagai icon pembelajaran mahasiswa kedokteran, dan juga mengikuti proses yang menjadi marwah problem based learning melalui Small Group Discussion (SGD). Tentunya, kami membutuhkan masukan dan saran untuk perbaikan kegiatan ini”. Ucap dr. Suci.

Pimpinan fakultas sangat menyambut baik penyelenggaraan event ini dan memberikan apresiasi bagi para peserta berupa sertifikat kegiatan yang menyatakan peserta TDC telah menjadi mahasiswa kedokteran selama sehari. Rangkaian kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 Wita hingga 14.00 Wita yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti Small Group Discussion (SGD), Clinical Skills Lab (CSL), Praktikum Anatomi, Journal Reading (JR) hingga simulasi Computer Based Test (CBT) di CBT Center FK Unizar. Program TDC tahun ini, para peserta diperkenalkan juga boarding school yang jadi icon penguatan karakter mahasiswa baru FK Unizar pada tahun pertama.

Harapannya, program TDC sebagai wahana para siswa/i di NTB maupun di wilayah Indonesia lainnya untuk mengenal lebih dekat keseruan menjadi mahasiswa kedokteran sehingga mampu mempersuasif diri be the real medical student di FK Unizar. Selain di official website, kegiatan ini didokumentasikan melalui akun official Instagram FK Unizar, @fk.unizar_ agar dapat diakses oleh para peserta TDC.


Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar © 2023

Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004

Kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014

Jl. Unizar No.20, Turida, Kec. Sandubaya
Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, 83232