FK UNIZAR

Selamat Datang di Official Website Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar
cover

Jajaki Kerjasama dengan S2 IKM Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, FK UNIZAR Gelar Workshop Strategis Persiapan Akreditasi 9 Kriteria

Sebagai institusi pendidikan kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) terus melakukan perbaikan dan pergerakan ke arah yang lebih baik di berbagai lini termasuk untuk meningkatkan capaian luaran kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Fakultas Kedokteran UNIZAR menggelar kegiatan kolaborasi bersama tim dari Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Negeri Surakarta (UNS) yang dikemas dalam bentuk Workshop Implementasi Publikasi Artikel Ilmiah Kesehatan pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Persiapan Akreditasi 9 Kriteria.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 26-27 Maret 2022 di Hotel Lombok Astoria, Mataram. Kegiatan kali ini merupakan hasil tindak lanjut dari pertemuan awal yang dilakukan oleh Dekan FK UNIZAR dengan Ketua Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat UNS. Cakupan kegiatan ini terdiri dari 2 hal utama yaitu pertama, brainstorming mengenai arah gerak bersama terutama dalam hal kerjasama kedua institusi sehingga menghasilkan langkah strategis untuk percepatan program pendidikan, luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua, menambah wawasan dan penguatan kriteria 7, 8, dan 9 Akreditasi 9 Kriteria.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dekan FK UNIZAR, yang didampingi oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Manajer Pusat Pendidikan Kedokteran, Manajer Pengabdian kepada Masyarakat dan Humaniora, Manajer Bioetik, Manajer Kemahasiswaan, Ketua Program Studi, Ketua Kriteria 9 Tim Akreditasi, Ketua Unit Publikasi dan HKI, Kepala SPMI, Kepala Bagian IKM dan Ketua Unit Pengabdian kepada Masyarakat. Sedangkan tim dari IKM UNS sebanyak 5 orang yang dipimpin langsung oleh Kepala Program Studi IKM UNS.

Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini. “Kami sangat menyambut baik atas dukungan dan perhatian, juga kasih sayang yang dicurahkan oleh tim dari IKM UNS dalam interaksi dan komunikasi antar tim. Satu hal yang kami rasakan dari kehadiran teman-teman IKM UNS seperti sudah kenal sangat lama dan banyak hal yang sudah kami sharing. Proses ini menjadi bagian penting yang dapat diakselerasi untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan tri dharma PT” ucap dr. Artha.

Dalam kesempatan ini juga, Ketua Program Studi IKM UNS, Prof. dr. Bhisma Murti, MPH, M.Sc., Ph.D menyampaikan sambutannya melalui virtual Zoom Conference Meeting. “Terima kasih kepada pak Dekan, dr. Artha yang telah mengundang kami untuk bertandang ke Lombok guna membahas tentang kerjasama yang dapat dilakukan oleh kedua institusi. Secara khusus saya memberikan apresiasi kepada dr. Artha selaku pimpinan FK UNIZAR yang memperlihatkan pemikiran progresif, berani dan kreatif. Pak Dekan menunjukkan jika kita bisa bersaing dengan insitusi besar dan yang wellestablished pada bidang yang tidak menjadi unggulan institusi tersebut, kebijakan strategis ini menyebabkan FK UNIZAR dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.” Ucap Prof. Bhisma.

Workshop ini dilaksanakan dalam 3 sesi, pada Sesi I adalah pemaparan materi tentang implementasi jurnal ilmiah kesehatan pada jurnal internasional bereputasi oleh Akhmad Azmiardi, S.KM, M.KM. Kemudian materi kedua yang disampaikan oleh Ns. Aris Widiyanto, S.Kep, M.KM tentang sharing persiapan akreditasi. Dan materi ketiga mengenai Publikasi Jurnal S2 IKM UNS yang disampaikan oleh Nindita Arum Veibiani, SKM. Workshop ini dimoderatori oleh dr. Hj. Suci Nirmala, S.Ked dari FK UNIZAR dan Ns. Hakim Anasulfalah, S.Kep dari IKM UNS.

Kegiatan workshop berlangsung sangat penuh keakraban dan menghasilkan rencana tindak lanjut yang dapat dieksekusi segera sehingga mampu meningkatkan atmosfir riset dan pengabdian kepada masyarakat serta suasana akademik seperti guest lecture, international conference, visiting professor dan bedah buku.

“Pertemuan kali ini makin meyakinkan kita bahwa kegiatan percepatan yang sudah didiskusikan bersama dan dirancang oleh kedua pihak bisa dilaksanakan dengan program yang terukur, runut dan dicapai sesuai target. Sehingga penguatan publikasi melalui kolaborasi tim antara FK UNIZAR dan IKM UNS dapat meningkatkan kuantitas dan kualitasi luaran penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa” tutup dr. Artha.

Harapannya, workshop ini merupakan aksi awal dari kolaborasi lintas institusi melalui kerjasama tri dharma perguruan tinggi dan menguatkan langkah FK UNIZAR dalam persiapan akreditasi 9 Kriteria yang akan re-akreditasi pada tahun 2023 mendatang.


Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar © 2022

Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004

Kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.

Jl. Unizar No.20, Turida, Kec. Sandubaya
Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, 83232