FK UNIZAR

Selamat Datang di Official Website Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar
cover

Opening Ceremony Medical Fiesta 2022: With heart and professionalism, we grow

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) pada tahun ini memasuki usia 18 tahun kiprahnya sebagai institusi pendidikan kedokteran di Indonesia. Di momen ini, FK UNIZAR sebagai institusi pendidikan kedokteran swasta satu-satunya di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini kembali mengadakan kegiatan tahunan yang dikenal dengan Medical Fiesta 2022 (Medfis 2022). Tema yang diusung kali ini yaitu With heart and professionalism, We Grow yang menggambarkan nilai inti yang diadopsi oleh FK UNIZAR dari Aristoles “educating the mind without educating the heart is no education at all”.

Pada acara Opening ceremony Medfis 2022 (26/03) yang dilaksanakan di Ruang Teater UNIZAR, Ketua Panitia Penyelenggaraan, dr. Hardinata, S.Ked melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan mulai Bulan April hingga Juni 2022 dengan berbagai kegiatan baik tingkat lokal untuk sivitas akademika FK UNIZAR seperti Lomba Murotal Quran, Pemilihan Putra Putri Kampus, dan Lomba Catur. Untuk kegiatan tingkat regional diantaranya lomba kultum, storytelling dan film pendek hingga event tingkat nasional seperti diantaranya Lomba Stand-up Comedy, Medfis Idol, Lomba Fotografi & Virtual Exhibition, Lomba e-Sport Mobile Legend, dan Lomba Karya Ilmiah Remaja.

Opening ceremony dihadiri oleh Rektor UNIZAR, Dekanat FK UNIZAR yaitu Dekan dan para Wakil Dekan, Para Manajer di Area hingga Unit Pengelola Program Studi, Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Alumni. Momentum ini diharapkan menjadi ajang bagi Sivitas Akademika FK Unizar untuk meningkatkan kerjasama tim, kolaborasi dan keakraban baik dosen, karyawan, mahasiswa, alumni sebagai keluarga besar FK Unizar.

“Adapun tema Medfis kali ini adalah with heart and professionalism we grow, yang menunjukkan semangat kolaborasi dan bertumbuh bersama dengan hati yang jujur, hati yang tulus dan ikhlas disertai dengan profesionalitas kita bisa tumbuh dan perkembang . Semoga dengan acara ini kita dapat menyambung silaturahmi antar civitas akademik FK UNIZAR dan makin menguatkan eksistensi FK UNIZAR di masyarakat”. Ucap dr. Nata.

Perwakilan alumni FK UNIZAR, dr. Bayu Notokusomo, S.Ked, menyampaikan rasa bangganya sebagai bagian dari FK UNIZAR yang kini sudah makin maju dan diperhintungkan oleh masyarakat NTB khususnya dan di beberapa wilayah di Indonesia.

“Melalui kegiatan tahunan ini, ada banyak soft skill yang bisa dikembangkan ketika menjadi mahasiswa FK UNIZAR sebagai bekal pengembangan diri setelah menjadi dokter lulusan FK UNIZAR. Kami siap terlibat dan berpartisipasi dalam event-event yang digelar pada Medical Fiesta tahun ini” ucap dr. Bayu.

Dalam sambutannya, Dekan FK Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes menyampaikan bahwa FK UNIZAR di usianya yang ke-18 ini adalah institusi pendidikan kedokteran yang sedang tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih maju, perwakilan alumni yang merupakan bagian penting dari perkembangan FK UNIZAR, disadari atau tidak, diakui atau tidak, perkembangan FK UNIZAR secara fisik maupun operasional sudah sangat pesat.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka memeriahkan ulang tahun FK UNIZAR yang tujuan besarnya adalah mengajak kembali pulang para alumni yang di luar sana kepada almamaternya. Biasanya alumni itu rindu untuk pulang. Di internal FK UNIZAR harus dibangun soliditas antara dosen, mahasiswa, karyawan dan alumni, sehingga harapannya keterlibatan alumni di acara medical fiesta dapat meningkatkan peran alumni kepada almamaternya secara masif” tutup dr. Artha

Opening ceremony Medfis 2022 dibuka secara langsung oleh Rektor UNIZAR, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP. Beliau menyampaikan bahwa kehadiran para sivitas akademika medical fiesta ini dengan sebuah sejarah panjang hingga dapat menyaksikan FK UNIZAR yang mampu berdaya saing dengan FK lainnya.

“Ini berkat kehadiran seorang dr. Artha Duarsa sebagai Dekan FK UNIZAR yang mampu menjadi nahkoda untuk melejitkan FK UNIZAR hingga seperti sekarang ini” tutup pak Rektor.

Secara simbolis, Rektor UNIZAR dan Dekan FK UNIZAR membuka acara Medfis 2022 dengan sebuah tendangan pinalti pada permainan Pro Evolution Soccer (PES). Tahun ini rangkaian kegiatan Medfis 2022 akan diisi dengan kegiatan yang diadakan secara blended baik secara luring maupun daring. Acara puncak Medfis akan diselenggarakan pada tanggal 19 Juni 2022 mendatang. Tak hanya itu, dalam waktu dekat, kegiatan Medfis 2022 juga diisi pada Bulan Suci Ramadhan 1443 H yang dikemas dengan kegiatan Ramadhan Kareem dengan berbagai bentuk kegiatan.


Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar © 2022

Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004

Kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010. SK Ijin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014.

Jl. Unizar No.20, Turida, Kec. Sandubaya
Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, 83232