FK UNIZAR

Selamat Datang di Official Website Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar
gambar

Kenalkan PSPD FK UNIZAR Lebih Dekat, Orang Tua Mahasiswa Baru Diundang Silaturahmi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) pada Selasa, 21 September 2021 mengundang Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru dalam acara Silaturahmi bersama Orang Tua Mahasiswa Baru yang dilaksanakan dengan metode blended meeting di ruang kelas RK 01 Gedung A FK UNIZAR dan melalui virtual zoom. Jumlah mahasiswa baru yang diterima pada Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 100 orang yang telah melewati proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) FK UNIZAR. Kehadiran para orang tua mahasiswa baru dalam acara ini untuk mengenalkan lebih dekat program studi pendidikan dokter (PSPD) FK UNIZAR sebagai tempat pilihan putra/putrinya menempuh pendidikan kedokteran hingga mendapatkan gelar dokter.

dr. Deny Sutrisna Wiatma, S.Ked selaku ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh orang tua/wali mahasiswa baru sebanyak 100 orang, yang disusun dengan mekanisme blended meeting. Sebanyak 24 orang tua/wali hadir secara offline dan 81 melalui virtual zoom meeting yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di NTB, NTT, Bali, hingga Waingapu.

“Acara silaturahmi merupakan lanjutan dari kegiatan BEGIBUNG 2021 yang telah dilaksanakan selama 1 minggu. Beberapa pemaparan akan disampaikan oleh para narasumber yang handal di bidangnya sehingga memberikan gambaran yang utuh mengenai proses pendidikan kedokteran yang akan ditempuh oleh putra/i Bapak/Ibu sekalian. Saya ucapkan selamat datang Bapak/Ibu sekalian di FK UNIZAR”ucap dr. Deny.

Acara silaturahmi ini diselingi dengan pemutaran berbagai video, salah satunya adalah video kegiatan sumpah dokter sebagai gambaran kepada bapak/ibu orang tua mahasiswa mengenai masa depan putra/putrinya saat menyelesaikan pendidikan kedokteran di FK UNIZAR. Dari filosofi sambil berlayar memperbaiki perahu, FK UNIZAR memiliki cita-cita besar yang tergambar pada 3 kata kunci yaitu terkemuka, unggulan dan berlandaskan nilai rahmatan lil alamiin sehingga melahirkan core value FK UNIZAR yaitu “Educating the mind without educating the hearth is no education at all”-Aristoteles,

Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes menyampaikan sambutan di hadapan para hadirin, “Setelah menyaksikan video sumpah dokter, saya teringat ketika saya disumpah dokter 29 tahun yang lalu, saya merasa bergetar dan kecil dihadapan Allah SWT mengemban amanah baru sebagai dokter. Harapan kami kepada orang tua mahasiswa, kegiatan ini bisa menginspirasi kita semua bahwa pada akhirnya akan indah meskipun prosesnya tidak mudah, dibutuhkan kesungguhan, keuletan, kerja keras untuk menggapai hal tersebut. Capaian mahasiswa baru sangat membanggakan Bapak/Ibu selaku orang tua mahasiswa sekalian, bangga dengan harapan yang cerah bahwa anaknya akan menjadi seorang dokter. Itu merupakan bentuk rasa cinta orang tua kita kepada kita sebagai anak untuk menjadi dokter generasi unggul”. Ucap dr.Artha.

Dekan juga memperkenalkan jajaran struktural di FK UNIZAR, kemudian menyampaikan gambaran pendidikan di FK UNIZAR sebagai institusi pendidikan kedokteran yang dalam kiprahnya bukan hanya mencetak lulusan kompeten secara knowledge, tetapi juga memiliki jiwa humanis dan empati yang tinggi. Hal ini sejalan dengan core value sebagai landasan utama dan ruh yang mendasari setiap kegiatan di institusi ini.

“FK UNIZAR tidak hanya menghasilkan dokter yang cerdas, pintar, terampil tetapi juga punya hati, tulus, ikhlas, berhati mulia, atau dalam agama islam disebut dengan akhlakul karimah sesuai dengan core value yang kita lakukan. Saat ini, kami sudah membuat tim akreditasi sejak tahun 2019 untuk persiapan akreditasi 2023 dengan penilaian 9 kriteria. Kerja keras tim ini akan lebih berat untuk menghadapi tahun 2023 namun tidak menjadi halangan untuk memberikan yang terbaik karena predikat akreditasi nanti akan mencerminkan kualitas pendidikan kedokteran dengan standar dunia” lanjut dr. Artha.

Perkembangan FK UNIZAR cukup progresif dalam waktu 5 tahun terakhir ini dengan berbagai gebrakan dan inovasi yang berkesinambungan dalam tri dharma perguruan tinggi. Mahasiswa baru pun akan difasilitasi untuk vaksinasi melalui klinik FK UNIZAR, dan tim vaksinator FK UNIZAR merupakan bagian dari tim vaksinator Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Disela materi, berbagai video kegiatan strategis FK UNIZAR pun ditampilkan termasuk video kegiatan BEGIBUNG 2021 yang telah dilalui oleh mahasiswa baru seminggu yang lalu.

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi mengenai Metode Pembelajaran di FK UNIZAR, yang disampaikan oleh Manajer P2K FK UNIZAR, dr. Dina Qurratu Ainin, MHPE. Dari pemaparan tersebut, pendidikan kedokteran sangat terstruktur karena dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat menjadi dokter yang unggul, intelek, humanis dan empati berlandaskan nilai-nilai rahmatan lil alamiin sehingga lulusan FK UNIZAR mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan ketiga mengenai salah satu unggulan FK UNIZAR untuk pembentukan karakter mahasiswa, yaitu Bioetik dan Blok Personal Profesional Development (PPD) sebagai Support System Pembelajaran di FK UNIZAR. Materi ini disampaikan oleh Irwan Syuhada, S.Psi, M.Si selaku Manajer Bioetik. Usai penyampaian materi, acara selanjutnya adalah sesi diskusi. Pada sesi ini, orang tua mahasiswa sangat antusias dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini dan peran FK UNIZAR sebagai institusi pendidikan kedokteran yang bergerak maju memperbaiki kualitas berkelanjutan. Dialog yang terjadi antara pimpinan FK UNIZAR dengan orang tua mahasiswa baru sangat kontrusktif dan informatif.

Acara silaturahmi ditutup dengan foto bersama para penjabat struktural dengan orang tua mahasiswa baru yang hadir secara luring maupun daring dan diiringi dengan sebuah untaian pantun oleh MC, dr. Mirzaulin Leonaviri:

Pulau Lombok Tanahnya Makmur

Sandang pangan melimpah berpeti-peti

FK UNIZAR terkemuka di Indonesia Timur

Mahasiswanya cerdas, humanis dan empati

 

Dekan FK UNIZAR, Dr.dr.H.Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes memberikan sambutan dalam acara silaturahmi orang tua mahasiswa baru